Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, December 27, 2016

Redaktur

Satpol PP Tegas Tertibkan PKL di Cicurug

sukabumiNews.net, CICURUG - Tim gabungan yang dimotori Satpol PP Kabupaten Sukabumi melancarkan operasi penertiban terhadap PKL yang berjejer di sepanjang Jalan Siliwangi Cicurug, Selasa (27/12/2016). Selama ini keberadaan PKL di jalur jalan paling sibuk di Cicurug itu dianggap sebagai biang dari kemacetan dan kekisruhan lalu lintas di gerbang masuk ke wilayah Sukabumi.

"Penertiban ini tidak serta-merta langsung dilaksanakan. Sebelumnya kami telah mengirimkan surat pemberitahuan sebanyak tiga kali. Kios atau gerobak yang ditertibkan adalah yang pemiliknya tidak mentaati isi surat tersebut," kata Camat Cicurug H. Agung Gunawan di tengah kesibukannya memantau jalannya operasi penertiban.

Operasi diawali dengan apel tim gabungan di halaman Kantor Kecamatan Cicurug. Setelah apel, tim gabungan langsung melakukan penyisiran dari titik ke titik untuk membongkar dan mengangkuti lapak, gerobak, dan kios yang terdapat di atas trotoar dan bahu jalan. Lokasi operasi membentang dari  depan SDN 1 Cicurug hingga perlintasan rel kereta api (KA) di seberang panrik Aqua.

Dijelaskan Camat Agung, penertiban PKL dijalankan atas instruksi dari Bupati Sukabumi untuk memperbaiki wajah dan kondisi kawasan Cicurug sebagai pintu gerbang menuju Sukabumi.

Kehadiran PKL, ujar Agung, telah memicu kemacetan dan kekumuhan bagi lingkungan perkotaan.

Operasi yang dilancarkan dari pagi hingga siang hari merupakan lanjutan dari operasi sebelumnya yang digelar pada malam hari. Kabid Trantibum pada Kantor Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Iwan SS kepada wartawan menambahkan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi kepada pemilik tempat berjualan yang berada di atas trotoar.

Semua gerobak, kios, lapak, atau bentuk lain tempat berjualan di atas trotoar Cicurug, lanjut Iwan, akan terkena operasi penertiban. Tempat berjualan yang ditertibkan merupakan bagian dari sisa yang ditinggalkan pemiliknya. Semua kios dan gerobak yang ditertibkan diamankan di Kantor Kecamatan Cicurug.

Sebagian PKL direlokasi ke kawasan pasar dan stasiun yang letaknya tidak terlalu jauh dari Jalan Siliwangi Cicurug. (Aditya/Yuddi Prangga)
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu