Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, February 10, 2016

Kang Malik As

3 Ciri Istri Yang Berkah Menurut Rasulullah Saw.


Bagi saudara-saudaraku yang akan menikah atau memulai hidup baru dengan memilih pasangan terbaik dalam hidupnya alangkah baiknya memperhatikan kriteria atau hal berikut, sebagaimana yang telah digambarkan Rasulullah SAW dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Aisyah binti Abu Bakar dan juga oleh Imam Ahmad bin Hanbal. Apa Saja tiga ciri/kriteria itu?, yakni:

1.      1. Mudah Untuk Dilamar

Mudah atau gampang dilamar artinya tidak memberatkan seorang laki-laki shalih yang datang melamar sob,  demi menjaga dirinya dari syahwat yang menjerumuskan dalam binasa dan api neraka. Wanita seperti ini sob bukan berarti murahan dan negatif. Melainkan wanita yang seperti ini adalah wanita yang sangat memperhatikan aturan agama yakni syariat tentang bagaimana menata keluarga dan berkeluarga. Maka jika telah demikian, seorang wanita tidak akan menolak lamaran hanya karena laki-laki yang bukan berasal dari orang kaya secara materi, namun is terima lamarannya dengan mudah karena dia Muslim yang sangat taat pada agamanya .

2.      2. Sederhana Maharnya

Wanita yang membawa keberkahan adalah ia tidak mempersulit syarat atau mahar yang ia pinta pada si pelamar sob, sebab banyaknya mahar tidak menjamin akan datangnya kebahagiaan dan keberkahan setelah menikah nantinya. Oleh karenanya, setelah menyeleksinya dengan teliti, musyawarah dan melakukan istikharah, wanita yang demikian ini akan dengan mudahnya menerima pinangan atau niat baik laki-laki, sebagaimana yang telah terjadi di masa lalu, yakni dimana laki-laki yang shalih datang meminang wanita hanya dengan cincin besi dan ia diterima dengan baik oleh si wanita.

Terkait murahnya mahar ini, sebagai laki-laki jangan meremehkan hanya karena kemurahan yang ditampakkan oleh si wanita, akan tetapi berikan pula yang terbaik padanya. Jika kita mampu dan bisa memuliakan calon istri,kenapa tidak, bahkan berikan sebanyak mungkin apa yang bisa kita bisa kasih dan persembahkan pada wanita kita.

Yang tidak baik untuk dilaksanakan itu adalah jika kita berlebihan dan apa lagi bisa berdampak kurang baik pula sob terhadap orang lain, tentang hal berlebihan itu(mahar) sehingga akan membuat orang lain mencemooh, ciut untuk melamar calonnya bahkan membuat orang lain frustasi.

3.      3. Baik/Subur

Keberkahan lain yang akan didapat dalam pernikahan ialah hadirnya keturunan yang baik dari ibu yang baik dan tidak menunda untuk mempunyai keturunan tersebut. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits, bahwa Rasulullah SAW. akan bangga kepada ummatnya di hadapan Nabi lain karena jumlah umatnya yang sangat banyak. Oleh karena itu, menikahi wanita yang subur adalah anjuran dan sangat baik.

Nah untuk para wanita yang banyak diberitakan bahwa wanita muslimah ada yang suka menunda untuk mempunyai keturunan karena berbagai alasan seperti tidak siap karena takut tidak punya nafkah, repot dan sebagainya. Padahal, masing-masing anak membawa rezekinya sendiri.

Dalam hal ini, janganlah kita terlalu merasa khawatir, karena Allah SWT pasti akan memeri rizki dan membukakan jalan ke arahnya. Semoga Bermanfaat!

Wallahu a’lam……

[musmus.me]
Editor: @kangMalik_as
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu