Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, August 15, 2015

sukabumiNewsnet

THR dan Gaji Belum Dibayar, Karyawan PT. Alpindo Bakar Baju dan Lempari Pabrik dengan Tomat.

sukabumiNews, SUKABUMI – Ratusan karyawan PT Alpindo Mitra Baja kembali berunjukrasa di halaman pabriknya Kampung Cibatu RT 15/4, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jumat (14/8).

Aksi kali kedua ini merupakan bentuk kekecewan mereka terhadap manajemen perusahaan yang melanggar komitmen untuk membayar tunjangan hari raya (THR) Lebaran lalu dan dua bulan gaji terakrir, sejak Juni dan Juli lalu.

Padahal dalam unjukrasa sebelimnya, Rabu (5/8) lalu, perusahaan yang memproduksi suku cadang dan sparepart kendaraan ini berjanji akan melunasi hak-hak karyawan pada tanggal 14 Agustus.

Janji perusahaan tersebut telah dituangkan dalam kesepakatan yang ditandatangani perusahaan, perwakilan karyawan, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi.

"Hari ini kami menagih janji. Namun hingga siang ini kami tunggu, ternyata perusahaan tidak menepati janji dan melanggar komitmen," kata salah seorang buruh, Awun, kepada wartawan di sela aksi.

Aksi unjukrasa yang digelar dari pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan sehabis Salat Jumat ini sempat memanas. Para demonstran melempari pabrik dengam tomat. Bahkan, mereka juga membakar baju seragam perusahaan di halaman pabrik suku cadang dan sparepat yang berlokasi di lingkungan Lembaga Industri Kecil dan Menengah (LIK) itu. (Lihat Video Aksi Karywan PT. Alpindo Tuntut Bayar Gaji)

Beruntung aksi ini dapat diredam berkat kesigapat petugas kepolisian Polres Sukabumi Kota dan TNI. [Malik*]


Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu