Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, July 27, 2015

sukabumiNewsnet

Empat Kecamatan di Sukabumi Alami Kekeringan

SUKABUMI -— Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Sukabumi mengalami kekeringan. Akibatnya, warga di empat kecamatan tersebut mulai mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, empat kecamatan tersebut yakni Bantargadung, Warungkiara, Ciracap, dan Gegerbitung.

Ada 12 desa yang mengalami kekeringan di empat wilayah tersebut.‘’ Laporan yang kami peroleh, lokasi kekeringan terbanyak berada di Warungkiara,’’ ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo seperti dilansir Republika Ahad (26/7).

Di kecamatan itu ada enam desa yang dilaporkan mengalami kekeringan.Sementara di Bantargadung terjadi di tiga desa, Gegerbitung dua desa, dan satu desa di Kecamatan Ciracap. Kecamatan tersebut rata-rata berada di selatan Sukabumi. Menurut dia, warga di empat kecamatan ini rencananya akan segera mendapatkan pasokan air bersih dari pemerintah.Meskipun sudah melanda empat kecamatan kata Usman, BPBD belum menetapkan status siaga darurat kekeringan. ‘’ Saat ini masih dalam proses pembahasan pentingnya menetapkan status siaga kekeringan,’’ ujar dia.


Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi Irwan Fajar menambahkan, sebelumnya BPBD telah mengirimkan surat edaran melalui radiogram kepada 47 kecamatan. ‘’ Isinya meminta aparat kecamatan segera melaporka ketika warga mengalami dampak kekeringan,’’ terang dia.Harapannya ujar Irwan, dampak kekeringan di daerah dapat segera diatasi. Upayanya dengan melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti perusahaan daerah air minim (PDAM) dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan (DPTP). *



Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu