Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, May 7, 2015

sukabumiNewsnet

Ribuan Buruh Sukabumi Geruduk Kantor BPJS Ketenagakerjaan

sukabumiNews, SUKABUMI--Ribuan buruh dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Sukabumi menggelar aksi unjuk rasa ke Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Kamis (7/5). Mereka meminta lembaga tersebut secara serius memastikan perlindungan sosial terhadap kaum buruh.

Para buruh mendatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di Jalan R Syamsudin SH Kota Sukabumi sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah dari BPJS Ketenagakerjaan para buruh rencananya akan ke BPJS Kesehatan.

"BPJS Ketenagakerjaan di Sukabumi harus bisa memastikan perlindungan sosial terhadap buruh," terang M Suryana Koordinator Aksi Buruh dari Serikat Pekerja (SP) Tekstil Sandang Kulit (TSK) SPSI Sukabumi. Pasaknya, saat ini keberadaanya masih jauh dari harapan.

BPJS Ketenagakerjaan, kata Suryana, lebih memosisikan diri hanya sebagai juru ketik atau juru bayar saja. Dampaknya, banyak pekerja yang tidak mendapatkan perlindungan dan pelayanan dengan baik.

"Oleh karena itu kami menuntut peningkatan kinerja BPJS," ujar perwakilan buruh lainnya Muh Matin. Buruh juga meminta BPJS Ketenagakerjaan tidak merubah fungsinya menjadi juru ketik tapi kembali ke fungsinya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011.

Matin mengatakan, buruh juga menuntut agar BPJS tidak memperlambat klaim jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian. Selain itu untuk memberi kemudahan kepada pekerja dalam program kepemilikan atau kredit rumah yang sudah dijalankan Jamsostek sebelumnya. [Red*smiNews/ROL]


Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu