Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, March 20, 2015

sukabumiNewsnet

Hadapi MEA, Indonesia Masih Hadapi Tantangan

sukabumiNews, BANDUNG - Indonesia memiliki penduduk terbanyak ke empat di dunia atau  sekitar 249,9 juta atau sekitar 50 persen dari penduduk ASEAN, sehingga menjadi pasar potensial untuk produk yang dihasilkan industri kreatif.

Selain itu, masih banyak potensi lainnya yang bisa menjadi inspirasi pada industri kreatif yang bernilai Ekonomi tinggi.

Namun, selain potensi masih banyak tantangan yang dihadapi Indonesia dalam membangun indutri kreatif dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Salah satunya Indonesia baru memiliki 1,56 persen dari penduduk atau sekitar 3,9 juta orang. Padahal Singapura sudah memiliki wirausaha sekitar 7,2 persen, Jepang 10 persen, Korea Selatan 9 persen dari jumlah penduduk.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Umum Kadin Jabar Bidang Informasi dan Data, Januar P Ruswita di sela-sela Seminar Nasional "Strategi Indonesia Kreatif Menghadapi ASEAN Economic Community" di Aula Kampus Widyatama, Jalan Cikutra Bandung, Kamis (19/3/2015).

"Dalam bidang pendidikan pun kurang ditunjang dengan Infrastruktur. Misalnya di Tasikmalaya banyak handycraf seperti bordir, namun tidak ada SMK yang membuka jurusan terkait," jelasnya.

Menurutnya, untuk menghadapi MEA diharapkan semua stakeholderuntuk memaksimalkan perannya. Misalnya pemerintah memberi peran dalam hal regulasi. Peran cendikia adalah memberikan program-program pendidikan yang berorientasi untuk kebutuhan dunia usah. [red.be/galamedianews.com]

Editor: Bait Elyas
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu