Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, March 20, 2015

Bait Elyas

Demiz : Jangan Sok Sok An Lah !!! Segera Bentuk BPBD

sukabumiNews, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar perintahkan walikota Bandung Ridwan Kamil untuk segera membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Terlebih Jawa Barat khususnya Kota Bandung tidak akan luput dari bencana.

"Tidak ada satupun kabupaten/kota di Jabar ini yang tidak punya potensi bencana. Kota Bandung jangan pikir enggak punya potensi bencana. Lihat kemarin puting beliung. Jadi semestinya ini perintah. Jangan sok-sok an lah," jelas Deddy kepada wartawan, Kamis (19/3/2015).

Menurutnya pembentukan BPBD sangatlah penting, apalagi kalau melihat musibah puting beliung yang terjadi di beberapa daerah di Kota Bandung beberapa waktu lalu.

"Makanya harus ada BPBD, seperti kemarin puting beliung kita kasih bantuan kepada siapa kalau tidak  ada lembaganya. Siapa yang bertanggung jawab," katanya.

Ditegaskannya, itu merupakan hal yang sangat penting, apalagi wilayah Jawa Barat, masuk dalam kawasan Cincin Api sehingga memerlukan kewaspadaan bencana.

"Ini daerah potensi bencana dan jangan jadi takabur. Seolah-olah tidak terjadi bencana. Adanya BPBD  tadi adalah  untuk mengantisipasi bencana," jelasnya.

Saat ini, di Jawa Barat sendiri ada  delapan yang belum memiliki BPBD. Seperti halnya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Bekasi Karawang, Subang.

"Saya nanti cek dulu. Cuma tahun lalu delapan, sekarang Indramayu sudah punya dan begitu ada bencana mereka sigap siaga," katanya.

Oleh karena itu lah lanjut Deddy,  pihaknya mengimbau kepada seluruh  kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Jabar yang belum memiliki BPBD untuk segera mendirikannya.

"Itu penting, ketika ada bencana kita tahu bekerjasama dengan dinas atau badan terkaitnya, dan bantuan ke mana. Kalau enggak kan bingung. Enggak dikasih bantuan teriak, dikasih bantuan bingung," ujarnya. [red.be/galamedianews.com]

Editor: Bait Elyas
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu