Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, January 14, 2015

budi acakatam

Hasil Musrembang Sering Sia-sia !.

Laporan: Budi Kecil
[sukabumiNews] SUKARAJA - Usulan masyarakat tentang rencana pembangunan melalui musrembang atau musyawarah rencana pembangunan tingkat desa sering sia-sia.  Hal itu terungkat saat wartawan berbincang dengan Ephar Sayid Abdullah, S.AB kades Sukaraja  Kabupaten Sukabumi  Rabu 14/01 di kantor desa Sukaraja.

Menurut Ephar, dari begitu banyak rencana pembangunan desa melalui musrembang mungkin hanya satu dua saja yang bsa terealisir. “Usulan warga melalui musrembang tingkat desa belum tentu  terakomodir dalam musrembang tingkat kecamatan, kabupaten, atau propinsi’’, ujar Dia.

Dia juga mengemukakan hal ini sering menjadi masalah tersendiri. Ephar menambahkan  banyak warga desa yang tak paham akan hal ini. Karena itu, menurut Kades Ephar,  pihaknya harus pintar-pintar memberikan alasan. “Kalau tidak, banyak warga yang akhirnya  enggan mengikuti musrembang karena merasa sia-sia”, ucapnya.

Meski demikian Ephar menambahkan, partisipasi tokoh masyarakat desa Sukaraja dalam mengikuti musremban masih tetap terjaga. Dugaan Ephar, salah satu kuncinya adalah pelayanan prima jajaran birokrasi desa. Sejak terpilih tiga tahun lalu, Kades Ephar memang berhasil mengajak jajarannya untuk membuka palayanan sampai jam 22.00.

Ephar  merasa yakin bila sekitar 16 ribu warganya telah merasa dilayani dengan baik, maka partisipasi warga dalam berbagai program pembanngunan pasti akan  tetap tinggi. Tetapi, secara manusiawi Ephar juga mengaku bila dirinya sering merasa sia-sia melaksanakan musrembang ketika usulan warga dalam musrembang tak pernah digubris pemerintah.
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu