Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, August 30, 2014

sukabumiNewsnet

Lowongan CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Posisi :

CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

Syarat Umum Pencaker :

Warga Negara Republik Indonesia. 

Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan. 

Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri. 

Sehat jasmani dan rohani. 

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah. 

Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik. 

Usia pelamar sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya pada saat pelamaran (sejak tanggal penetapan pengumuman oleh pejabat yang berwenang):
30 (tiga puluh) tahun untuk pelamar lulusan S-1, D-III dan SMK;
35 (tiga puluh lima) tahun untuk pelamar lulusan S-2 dan Akuntan.

Indek Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar lulusan pendidikan tinggi dalam negeri, berijazah :
Pasca Sarjana (S-2) minimal 3,00 (tiga koma nol nol);
Sarjana (S-1) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
Diploma Tiga (D-3) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).

Akreditasi A atau B untuk Jurusan/Program Studi pada tahun kelulusan dan masih berlaku yang dilegalisir Perguruan Tinggi yang bersangkutan. 

Untuk  jabatan-jabatan:  Inspektur Migas, Inspektur Tambang, Inspektur Ketenagalistrikan, Sekretaris, Dosen, Widyaiswara, Analis Kerjasama, Analis Kerjasama dan Industri, Analis Kepegawaian Pertama, Analis SDM Aparatur, Analis Organisasi dan jabatan lain dengan kualifikasi pendidikan: Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen,  Ilmu Administrasi Negara/Publik, Ilmu Komunikasi, TOEFL ITP/Paper Based Toefl minimal 450 (Setara dengan Computer Based Toefl minimal 133,  Internet Based Toefl  minimal 45, TOEIC  405, IELTS  4), sedangkan untuk kualifikasi pendidikan Sastra Inggris TOEFL  ITP/Paper Based Toefl  minimal 550 (Setara dengan  Computer Based Toefl  minimal 213, Internet Based Toefl minimal 79, TOEIC 605, IELTS 6.5). 



Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral : 

Lakukan registrasi online.

Pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2014  secara  online  dilakukan melalui portal https://panselnas.menpan.go.id,  dimulai pada tanggal  27 Agustus 2014 s.d. 10 September 2014

Setelah  mendapat username dan password dari Panselnas, pelamar dapat melengkapi data melalui  http://cpns2014.esdm.go.id  pada hari berikutnya (paling lambat tanggal 11 September 2014).

Persiapan data yang dipersyaratkan;  

Untuk pendaftaran online foto berwarna harus di upload dalam format *.jpg, dengan dimensi tinggi 320 px, lebar 240 px, dan ukuran maksimal 60 Kb. 

Saat pengisian pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk tertulis.  Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas lamaran mengakibatkan ketidaklulusan proses seleksi administrasi. 

Pilih maksimal 3 (tiga) jabatan dan locus kerja sesuai urutan prioritas yang diinginkan. 

Cetak Formulir Pendaftaran CPNS yang ditampilkan, tanda tangani yang telah dicetak. Pastikan untuk melengkapi dengan seluruh dokumen pendukung yang dipersyaratkan serta dokumen-dokumen lain (bila ada). 

Jepit seluruh dokumen dengan  stapler  dan masukkan dalam  map kertas berwarna sebagai berikut:  

Merah untuk SMK; 
Hijau untuk D-3; 
Kuning untuk S1; 
Biru untuk S2. 

Map lamaran beserta lampiran dimasukkan dalam amplop warna coklat dan tulis pada pojok kiri atas Unit Kerja dan Jabatan yang dilamar. 

Kirimkan berkas lamaran kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon pegawai Negeri Sipil Kementerian Energidan Sumber Daya Mineral Tahun Anggaran 2014  melalui pos tercatat mulai tanggal  28 Agustus  2014  (CAP POS) dan berakhir pada tanggal  12  September  2014  (CAP POS), serta sudah harus diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal  15  September 2014, ditujukan kepada :
Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS
KESDM Tahun 2014
PO BOX 1707 JKP 10017

Khusus untuk Jabatan Pengamat Gunungapi diutamakan Laki-laki dan berkas lamaran dibawa langsung ke : 

Pusat Vulkanonologi dan Mitigasi Bencana Geologi Jl. Diponegoro No 57 Bandung. 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, Jl. Cendana No. 15, Yogyakarta 

Pos Pengamatan Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara. 

Pos Pengamatan Gunung Egon, Maumere, Kabupaten Sikka. 

Pos Pengamatan Gunung Marapi, Belakang Balok, Bukittinggi, Sumatera Barat. 

Pos Pengamatan Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara  

Bagi peserta yang memenuhi syarat dan lulus seleksi/verifikasi administrasi antara lain ditentukan berdasarkan kelengkapan berkas sesuai dengan data registrasi  dan persyaratan yang telah ditentukan  akan diumumkan  pada tanggal 29 September 2014.  

Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi sebagaimana tersebut angka 7, dapat mencetak kartu Tanda Peserta Ujian CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2014 pada menu cetak kartu ujian sebanyak 2 (dua) lembar  dan membawanya pada  saat ujian untuk dilakukan pengesahan (distempel) sebelum memasuki ruang ujian CAT. 

Ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dilaksanakan di Gedung Arsip KESDM, Jln.  Yaktapena Raya No. 1A Komplek Pertamina, Pondok Ranji, Tangerang Selatan,  dengan  jadwal sesuai yang tertera pada kartu ujian dan peserta wajib membawa Tanda Peserta Ujian CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2014 dan membawa bukti identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Materi yang diujikan pada ujian saringan  Calon Pegawai Negeri  Sipil Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  meliputi : 

Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) terdiri dari : 
Tes Wawasan Kebangsaan yang meliputi : 

Pancasila; 
Undang-Undang Dasar 1945; 
Bhineka Tunggal Ika; 
Negara Kesatuan Republik Indonesia 

Tes Intelegensia Umum
Untuk menilai Kemampuan  Verbal,  Kemampuan  Numerik, Kemampuan berpikir Logis dan Kemampuan berpikir analitis. 

Tes Karakteristik Pribadi
Untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas, bekerja sama dalam kelompok, menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, orientasi kepada orang lain serta kreativitas dan inovasi.

Peserta ujian harus mematuhi peraturan tata tertib ujian penerimaan CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Tes Kemampuan Bidang:
Tes Kemampuan Bidang (TKB) akan dilakukan melalui Tes Wawancara yang meliputi tes pengetahuan, keterampilan, sikap sesuai kompetensi jabatan. Bagi pelamar yang  lulus  passing grade  tes  TKD  dengan urutan rangking 1 s.d. 3 untuk setiap formasi akan dipanggil untuk mengikuti tes wawancara (rasio  tes wawancara 1 : 3), dengan jadwal ditentukan kemudian. 
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu