Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, August 13, 2014

sukabumiNewsnet

1.100 Aparat Amankan Pelantikan DPRD Sumedang

SUMEDANG - Sebanyak 1.100 aparat keamanan akan mengamankan proses pelantikan anggota DPRD Kab. Sumedang yang baru periode 2014-2019 di gedung DPRD Kab. Sumedang, Rabu (13/8/2014). Ribuan aparat keamanan tersebut, terdiri dari aparat Polres Sumedang, Kodim 0610/Sumedang, Satpol PP dan Dishub Kab. Sumedang.
“Untuk pengamanan pelantikan anggota dewan yang baru besok, dengan kekuatan penuh dan penjagaannya cukup ketat,” kata Sekretaris DPRD Kab. Sumedang, H. Achmad Kusnadi di ruang kerjanya, Selasa (12/8/2014).
Menurut dia, pelibatan ribuan aparat keamanan itu, untuk menjaga keamanan penyelenggaraan proses pelantikan anggota DPRD yang baru hingga berjalan lancar dan kondusif. Selain itu juga, memberi keamanan, ketertiban dan kenyamanan para tamu undangan serta mengatur arus lalu lintas kendaraan, terutama di depan gedung dewan serta di sekitar Alun-alun Sumedang. “Mudah-mudahan dengan kekuatan penuh aparat keamanan, pelantikan besok bisa berjalan aman dan sukses,” tutur Achmad.
Ia menyebutkan, jumlah undangan yang akan hadir sebanyak 800 orang, diantaranya Bupati Sumedang H. Ade Irawan, Sekda Kab. Sumedang H. Zaenal Alimin, seluruh kepala dinas dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), muspida Kab. Sumedang, KPU Kab. Sumedang, instansi, pimpinan parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas dan OKP (organisasi kepemudaan) serta tamu undangan penting lainnya.
“Gubernur Jabar Ahmad Heryawan akan diwakili oleh kepala biro provinsi. Turut diundang juga, mantan bupati serta sesepuh Kab. Sumedang, para bupati dan walikota daerah kabupaten/kota tetangga. Pelantikan anggota DPRD Kab. Sumedang besok, serempak dengan 9 kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat” tuturnya.
Surat undangan yang disebar, lanjut Achmad, sebetulnya terbatas mengingat daya tampung gedung dewannya pun terbatas dan lingkungan di luar kantor kurang luas. Sehubungan daya tampung lantai dua gedung DPRD hanya mampu menampung 250 orang dan usia bangunannya sudah tua, sehingga undangan yang bisa mengikuti proses pelantikan secara langsung dibatasi orang-orang tertentu. Misalnya, anggota dewan baru dan lama, bupati dan sekda beserta para kepala dinas dan instansi terkait, KPU Kab. Sumedang, pimpinan parpol dan muspida.
“Untuk keluarga anggota dewan dan elemen masyarakat lainnya, mohon maaf hanya bisa menyaksikan di layar monitor yang disediakan di bawah tenda. Saya juga mohon maaf, apabila ada beberapa pihak yang terlewat undangan,” ujarnya.
Ia menambahkan, dalam proses pelantikan anggota DPRD Kab. Sumedang periode 2014-2019, semua anggota dewan yang baru akan dilantik secara langsung. Dengan kata lain, tidak bisa diwakili oleh beberapa orang anggota dewan saja. Hal itu, hasil evaluasi proses pelantikan anggota DPRD di Kota Banjar yang harus diulang karena pelantikannya hanya diwakili beberapa orang anggota dewan baru.

“Jadi, semua anggota dewan baru sebanyak 50 orang akan dilantik secara resmi oleh ketua Pengadilan Negeri Sumedang. Dari 50 orang anggota dewan itu, muka baru 23 orang dan sisanya muka lama, Pelantikannya akan berlangsung maksimal dua jam mulai pukul 9.00 WIB,” tuturnya. [PRLM]
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu