Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, July 10, 2014

sukabumiNewsnet

Tuntunan Shaum

Cecep Luthfi AR
Oleh: Cecep Luthfi Ar (Putra alm. KH. Dadun Abdul Qahar) :
Bulan Ramadhan, yakni bulan ke sembilan dalam urutan bulan qomariyah ini memang selalu memberi nuansa berbeda dari bulan sebelumnya, karena di bulan ini suasana keakraban, persaudaraan, kasih sayang, senasib sepenanggungan, kedermawanan, kepedulian akan sesama dan ke iklasan berpaut menjadi satu dalam menggapai rahmat, ampunan dan ridlo-nya. Karena itu siapa yang merasa gembira dengan hadirnya bulan ramadhan, Allah akan melindunginya dari kehidupan neraka.



Satu hadis qudsi menyebutkan : barang siapa yang akan mencintaiku maka aku akan mencintainya, barang siapa yang akan memohon ampun kepadaku maka aku akan mengampuninya sebagai penghormatan terhadap bulan ramadhan. Kemudian allah memerintahkan kepada malaikat untuk mencatat amal kebaikan mereka dan allah menghapus dosa-dosanya di masa lalu.


Di riwayatkan pula dalam Kitabul Hayat bahwa Suhuf Ibrahim a.s. di turunkan pada malam pertama bulan ramadhan, taurat pada malam ke enam bulan ramadhan (tujuh abad setelah suhuf Ibrahim), Zabur pada malam ke dua belas bulan ramadhan, (dua belas abad setelah Zabur) dan Alquran diturunkan pada malam ke tujuh belas bulan ramadhan (enam abad setelah injil).


Oleh karenanya mari kita isi bulan ramadhan ini dengan berbagai kegiatan antara lain : 1. Shaum (sebulan penuh pada siang harinya) 2. Shalat tahajjud (qiyaumullail pada malam harinya) 3. Tadarus al Quran 4. Memperbanyak sodaqoh 5. I’tikaf 6. Mengeluarkan zakat fitrah

Bulan ramadhan merupakan wahana pelatihan diri agar kita menjadi manusia yang disiplin, patuh, taat, sadar, istiqomah, peduli akan sesama.
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu