Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, July 31, 2014

sukabumiNewsnet

Puncak Arus Balik Lebaran Lewat Darat Sabtu

Palu - Puncak arus balik Lebaran lewat jalur darat di Sulawesi Tengah diprediksikan terjadi pada Sabtu dan Minggu (2-3 Agustus 2014), kata pejabat berwenang setempat.

"Hari ini arus balik mulai mengalir, tetapi puncaknya akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu," kata Kepala Dinas Perhubungan Sulteng Hendro Surahmat di Palu, Kamis.
Ia mengatakan kebanyakan pemudik yang sudah kembali ke Palu dan dua hari ini adalah para pedagang.

Sementara khusus pemudik Lebaran yang berkerja sebagai PNS, pelajar dan mahasiswa diperkirakan akan kembali dari kampung halaman mereka di dalam maupun luar Wilayah Sulteng menggunakan bus-bus Angkutan Kota Dalam Provinsi dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKDP dan AKAP) serta angkutan pedesaan nanti pada Sabtu dan Minggu.

Selama dua hari itu, arus balik Lebaran di Terminal Tipo dan Terminal Mamboro akan dipadati para penumpang yang baru saja usai merayakan Idul Fitri di kampung halaman mereka.

Kepadatan arus balik selama dua hari itu disebabkan pada 4 Agustus 2014 merupakan hari kerja bagi PNS dan juga masuk sekolah.

Sementara situasi di Terminal Mamboro, sekitar 10 km utara Kota Palu belum menunjukan adanya peningkatan arus balik Lebaran.

Bus-bus AKDP dan AKAP yang tiba maupun diberangkatkan dari dan ke Palu selama dua hari ini masih kurang. Bahkan rata-rata bus yang tiba dan diberangkatkan penumpangnya tidak penuh.

"Beberapa kursi tidak terisi," kata Kepala Terminal Mamboro, Irfan Yahya.
Ia juga memperkirakan arus balik Lebaran baru akan mencapai puncaknya pada (2/8 dan 3/8).

Anie (34), salah seorang penumpang bus AKAP yang baru saja tiba di Terminal Mamboro mengatakan selama perjalanan dari Gorontalo sampai di terminal, bus yang ditumpanginya tidak mengalami hambatan apa-apa.


Bus yang hanya mengakut sekitar 14 penumpang tersebut berjalan lancar dan tiba di terminal sesuai waktu.(sminews*/ANTARA)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

Loading...