Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, July 30, 2014

sukabumiNewsnet

Kendaraan Besar Dilarang Masuk ke Jalur Alternatif Cikidang

Ilustrasu-Gambar
SUKABUMI, SUKABUMInews – Kendaraan besar seperti bus dan truk dilarang masuk ke jalur alternatif Cikidang, Kabupaten Sukabumi, yang merupakan jalur penghubung menuju obyek wisata laut Pelabuhan Ratu.

“Kami melarang aktivitas kendaraan besar di jalur alternatif Cikidang, karena berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kondisi jalan yang banyak terdapat turunan dan tikungan curam,” kata Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Susan Ridwan kepada Antara, Selasa (29/7/2014 ).

Menurut Ridwan, kendaraan besar yang akan menunju Pelabuhan Ratu akan dialihkan ke jalur utama seperti Simpang Pelabuhan Ratu di Kecamatan Cibadak atau bida melalui jalur Lembur Situ, Kota Sukabumi.

Lebih lanjut, pihaknya juga sudah memasang papan himbauan agar kendaraan besar tidak masuk jalur Cikidang, selain itu kendaraan besar juga tidak diperkenankan menuju Sukabumi menggunakan jalur ini.

Selain kendaraan besar, kendaraan lainnya baik roda dua maupun empat yang ingin ke Pelabuhan Ratu dengan menggunakan jalur Cikidang ini kendaraannya harus benar-benar layak jalan seperti kopling dan khususnya rem, karena jika rem lolos resikonya terjadi kecelakaan maut yang bisa menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

“Jalur Cikidang selain menikung dan terdapat turunan curam, juga diapit oleh tebing dan jurang sedalam hingga puluhan meter, sehingga jika terjadi kecelakaan resikonya jatuh korban jiwa, maka dari itu kami hanya ijinkan kendaraan masuk jalur ini dengan kondisi yang benar-benar layak jalan,” tambahnya.

Ridwan menghimbau kepada para pengemudi yang tidak mengetahui kondisi jalan di jalur Cikidang ini juga tidak dianjurkan melalui jalur yang merupakan daerah rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Walaupun di jalan ini sudah dipasang rambu-rambu dan papan peringatan serta petunjuk jalan tidak menutup kemungkinan jika si pengemudi yang tidak paham terhadap kondisi jalan ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga menghimbau kepada pengemudi kendaraan bermotor, jika ingin melalui jalur Cikidang ini terlebih dahulu memahami kondisi jalan dan kondisi tubuhnya juga harus benar-benar fit, jangan sampai saat kondisi mengantuk memaksakan masuk jalur ini,” katanya. [Red.be/Antara]



Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu