Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, April 26, 2014

sukabumiNewsnet

Pemprov Jabar Berencana Beli Lahan Mata Air di Kawasan Sungai Citarum

BANDUNG - Kawasan hulu Sungai Citarum yang menyimpan ratusan mata  air layak minum perlu diselamatkan dari pencemaran berbagai limbah.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Selasa (22/4), mengatakan pihaknya bersama  dinas dan instansi terkait terus berupaya menyelamatkan ratusan mata air  di hulu Sungai Citarum, agar bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

Deddy mengungkapkan luas mata air itu mencapai 3/4 hektare, sebagian di  antaranya milik perseorangan. ''Upaya penyelamatan itu, di antaranya  dengan membeli lahan tersebut,'' tutur Deddy.

Ia menuturkan ironisnya di sekitar kawasan itu masih dda desa yang  kekurangan air bersih. ''Ini kontradiktif dengan kondisi yang ada. Masa  di kawasan yang banyak air bersihnya ada desa yang kekurangan air minum. Ini tentunya memilukan,'' tandas Deddy.

Kepala Badan Pengendali Lingkungan Hidup (BPLHD) Anang Sudarna mengatakan seharusnya mata air yang ada di Citarum itu jadi sumber kehidupan bagi  masyarakat jika dikelola dengan baik dan benar. Ia menambahkan lokasi mata air itu, di antaranya berada di lahan milik  negara yang dikelola perhutani.

''Jangan sampai mata air tersebut diambil  alih perusahaan yang tentunya merugikan masyarakat sekitar,'' kata Anang.

Untuk itu, ia sangat setuju jika wilayah itu segera dibeli Pemerintah  Provinsi Jabar agar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar.

[mertonews]
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu