Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, February 13, 2014

Malik Sukabumi

Wagub Jabar Apresiasi Usaha Kue Mochi

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar, mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Sukabumi dengan meresmikan Galeri Mochi Kaswari Lampion di Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari No. 9 Kota Sukabumi, Rabu (12/2/ 2014).


Dalam kunjungannyake tempat usaha pembuatan kuliner Kue mochi itu ia memberikan apresiasi atas usaha ini.



Wagub berharap hadirnya industri rumahan seperti yang dirintis oleh mochi Lampion ini dapat melahirkan entrepreneur-enterpreneur baru yang mampu menyerap banyak tenaga kerja dan juga memberi efek positif terhadap geliat ekonomi di daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.



Ia juga berpesan, agar UMKM yang bergerak dibidang usaha Kue Mochi dapat membentuk koperasi, sehingga bisa mengakses pinjaman permodalan yang salah satunya melalui Kredit Cinta Rakyat (KCR).



“Apabila pihak koperasi atau UMKM akan meminjam melalui KCR namun tidak memiliki anggunan, maka diberikan kemudahan, yaitu melalui lembaga Jamkrida yang akan menjamin kreditnya”, jelasnya. 



Lebih lanjut ia menginformasikan, bahwa Kredit Cinta Rakyat  hingga tahun 2014 ini totalnya mencapai Rp 315 miliar. “Dan setiap tahunnya ditambah sebesar Rp 100 Milyar”. Terang Wagub.


Sementara itu, pemilik usaha Mochi Kaswari Lampion, Wanti Kuswanti menjelaskan, usaha mochi kaswari ini merupakan usaha keluarga yang dirintis sejak tahun 1983 oleh Bapak Kuswandi.



“Meskipun awalnya banyak hambatan, namun berkat kesabaran, ketekunan dan keuletan, kini Mochi Kaswari telah menjadi ikon oleh-oleh khas Kota Sukabumi”, aku Wanti.

 Wanti menambahkan, saat ini  Mochi Kaswari Lampion memiliki 75 orang tenaga kerja dengan kapasitas produksi 10.000 – 20.000 butir kue pada hari biasa dan 20.000 – 40.000 butir kue pada hari libur.


“Dengan menempati galeri baru, saya berharap akan lebih banyak konsumen dan wisatawan yang datang tanpa susah-susah mencari alamat”, pungkasnya. (Malik AS)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu