Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, July 6, 2013

Redaktur

Saatnya Desa Gunungguruh Dipimpin Seorang Perempuan

GUNUNGGURUH, SUKABUMInews – Sekian tahun dan sekian kali sejak diadakannya pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Gunungguruh, kecamatan Gunungguruh, kabupaten Sukabumi, belum pernah ada seorang perempuanpun yang bisa memimpin desa itu.  Pasalnya, konon mayarakat yang ada di desa tersebut sebelumnya kurang begitu mempercayai dan meyakini bahwa seorang perempuan akan becus memimpin.

Tapi ternyata, lain dulu lain sekarang. Kini masyarakat desa Gunungguruh yang sebelumnya  sedikit ragu dan yakin terhadap seorang perempuan, kali ini malah berbalik. Buktinya, dari 6 kandidat yang ikut serta pada bursa pencalonan pada pilkades Gunungguruh yang digelar Hari Minggu, (30/6/2013) belum lama ini, satu orang adalah calon perempuan, yakni Tati Kusniawati.

“si calon perenmpuan inilah yang berhasil memenangkan pada pilkades di desa kami”, ujar Ketua Panitia Pilkades Gununggurug, Usep Saripudin, kepada wartawan, Selasa (2/7), selang dua hari setelah digelarnya pilkades.

Usep menjelaskan, perolehan suara yang didapatnya, memang cukup signipikan, yaitu dari 7.321 hak pilih, 976 suara diperoleh Tati. “ Berarti  37,5% dari  Sisanya, didapat oleh kelima kandidat lain yang kesemuanya adalah laki-laki”, jelas Usep.

Sementara menurut salah seorang sumber, pemuda desa terkait, yang identitasnya minta dirahasiakan yang juga secara kebetulan memilih Tati, mengatakan, dirinya ingin menaruh harapan besar terhadap perempuan. Sebab, lanjut laki-laki usia 40 tahun itu, sejak beberapa kali dipimpin oleh seorang kades laki-laki, desanya dirasakan tidak ada kemajuan yang cukup berarti. “Malah isu dan isu kurang sedap yang saya tangkap”, ujarnya.

“Semoga dengan dipimpin sorang perempuan, bisa lebih peka dan bisa membawa amanah serta aspirasi warga desa ini”, harapnya.

Dilain pihak saat dikonfirmasi wartawan,Tati Kusniawati,kades terpilih mengucapkan rasa syukur atas kepercayaan masyarakat desa gunungguruh terhadapnya, hingga ia terpilih pada pilkades gunungguruh tahun ini.

“Saya bersyukur telah dipercaya untuk memimpin desa ini”, ucap Tati. “Mudah-mudahan saya bisa mengemban amanah yang dipercayakan masyarakat kepada saya. Insya-Allah saya akan berusaha membuat perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa kami khususnya”, tambah Tati.


Diakhir perbincangannya Dia berpesan kepada masyarakat, untuk bisa bersama-sama dengannya  mewujudkan harapan dan cita-cita masyarakat desa itu. ”Sebab tanpa partisipasi mereka,saya tidak akan bisa berbuat banyak.”Pungkas Pemenang  pilkades gunungguruh periode 2013 – 2019 itu. ( Tedi.S)

Editor: Malik AS 
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu