Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, June 10, 2013

Redaktur

Ajengan Gembol Akhiri Acara Pelepasan Para Santri MD Misbaahul-athfal.

CARINGIN – Acara pelepasan para santri kelas akhir Madrasah Diniyah (MD) Misbaahul-athfal, Talaga, Caringin digelar. Acara tersebut diakhiri dengan dakwah oleh Ajengan Hadir Syarif Hidayat (Gembol) dari Purwakarta. Minggu (8/6/2013).

“Acara yang digagas panitya dimaksud agar para siswa yang akan meninggalkan sekolah mempunyai kesan tersendiri setelah mereka meninggalkan madrasah ini”, ujar Panitia Pelepasan Santri akhir, sekaligus panitia kenaikan kelas Madrasah itu, Jaja kepada BK.

Sementara Kepala Sekolah MD Misbaahul-athfal, Dudung Satibi menjelaskan, acara ini murni digagas masyarakat para pendukung yang disuport penuh para orang tua walimurid. “Kami tidak bisa berbuat tanpa dukungan  mereka”, katanya.  “Bahkan saya tidak tahu pasti, berapa anggaran yang dikeluarkan untuk acara seperti ini”, tegas Dudung.

Dikatakan, acara yang digelar cukup menadapat respon masyarakat itu, digelar, sekaligus sambil memperingati Isra’ I’raj, yang dikenal dengan istilah rajaban. “Adapun kenaikan kelas dilaksanakan hari dan malam sebelumnya, yakni Sabtu, (7/6)”. Jelas Dudung.

“Hari Sabtu dan Malam Minggu itulah acara pokoknya, yakni kenaikan kelas itu. Malam ini adalah akhir dari rangkaian acara kenaikan kelas tersebut”, jelas Kepala sekolah yang juga selaku guru satu SD di kecamatan Caringin.“Ajengan Gembol kami undang dalam rangka memberi taushiyah dan wawasan kepada para santri dan masyarakat, agar memiliki kesan tersendiri bagi para santri kelas akhir Madrasah ini”, tambahnya.

Ajengan Hadir Syarif Hidayat, dikenal dengan Ajengan Gembol, sebab kemanapun ia pergi selalu digembol (digendong) oleh pendamping setia yang salah satunya adalah H. Nanang.

Ia  digendong karena beliau tidak memiliki tangan dan kaki seperti layaknya manusia normal. “Namun dibalik kekurangannya itu Allah Yang Maha Agung telah memberi kelebihan dengan  ilmu agama yang bbeliau miliki”, kata H. Nanang. (Malik AS.)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu