Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, January 30, 2013

sukabumiNewsnet

Presiden : Pers Harus Kawal Proses Pemilu 2014

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pers nasional untuk mengawal proses demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Permintaan ini disampaikan Presiden SBY saat menerima Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono, Ketua Dewan Pers Bagir Manan, dan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang yang melaporkan rencana pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2013 di Manado, Sulawesi Utara, pada Senin (11/2) mendatang.

“Presiden menyampaikan, bahwa Pemilu merupakan bagian penting dari pematangan demokrasi di Indonesia. Untuk itulah, Presiden meminta agar pers mengawal proses Pemilu 2013,” kata Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengutip pesan Presiden SBY dalam konperensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Presiden SBY, lanjut Bagir Manan, juga mendukung usaha-usaha Dewan Pers bersama asosiasi-asosiasi pers dalam melakukan kerja sama internasional, misalnya pemikiran untuk membentuk Dewan Pers ASEAN. “Beliau sangat mendukung karena hal itu akan memberikan manfaat bagi kita maupun negara-negara sahabat kita,” mantan Ketua Mahkamah Agung tersebut menambahkan.

Kepala Negara berjanji akan menjadikan Bali Media Forum sebagai bagian dari agenda rutin Bali Democracy Forum (BDF). “Ini satu hal yang sangat menggembirakan karena kegiatan Bali Media Forum yang tadinya oleh dan dari wartawan sekarang mendapat apresiasi dari Presiden kita,” ujar Bagir Manan.
Saat menerima jajaran pengurus PWI Pusat itu, Presiden SBY didampingi oleh Mensesneg Sudi Silalahi, Menkominfo Tifatul Sembiring, Seskab Dipo Alam, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Jubir Julian Aldrin Pasha.

Hadiri Hari Pers Nasional
Ketua PWI Margiono menambahkan, Presiden SBY dijadwalkan menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2013 di Manado, Sulawesi Utara, pada Senin 11 Februari, yang mengambil tema “Pers Bermutu Bangsa Maju” dengan semangat “Merajut Kambali Indonesia Baru”.

Semula acara peringatan HPN 2013 ini dijadwalkan 9 Februari 2013. Namun mengingat Presiden akan melakukan kunjungan ke Liberia-Nigeria-Saudi Arabia-Mesir pada 30 Januari hingga 8 Februari, maka panitia menyiapkan tanggal 11 Februari 2013 sebagai acara HPN 2013.

Kegiatan HPN akan diisi dengan berbagai kegiatan antara lain Seminar dan Konferensi, Pameran Pers dan Pembangunan, Lomba Foto Internasional, Hiburan Rakyat, Peresmian Monumen dan Museum Pahlawan Pers putra Sulawesi Utara Mendur Bersaudara yang mengabadikan peristiwa bersejarah Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945 dan berbagai kegiatan lainnya. *

SUMBER: Jateng Time
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu