Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, June 1, 2012

Malik Sukabumi

KPUD Kota Sukabumi Mulai Lakukan Persiapan Pelaksanaan Pemilikada

Kota Sukabumi (sukabumiOnlinenews) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sukabumi mulai melakukan berbagai persiapan menjelang pelaksanaa Pemilukada Kota Sukabumi 2013 mendatang dengan menggelar rapat koordinasi kepada seluruh aparat kelurahan dan kecamatan serta Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Sukabumi di Gedung Korpri kemarin.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD Kota Sukabumi Agus Firmansyah mengatakan, rakor tersebut dilaksanakan terkait akan segera dilaksanakannya pemutakhiran data penduduk sebagai pemilih sebelum masuk dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang nantinya akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kita diberi waktu waktu untuk menyelesaikan berbagai persiapan hingga 27 Juni mendatang, karena pelaksanaan tahapan pemilukada akan dilakukan pada bulan Juli,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Pihak KPUD dijelaskannya, akan segera melayangkan surat kepada Pemkot Sukabumi terkait penyerahan DP4 ke KPUD  paling lambat 27 September 2012 dan pada akhir Desember nanti akan segera dilakukan penetapan DPT. 

“Minggu depan kita juga akan mengundang tokoh masyarakat, RT/RW untuk mengikuti sosialisasi terkait DPT,” ujarnya.

Saat ditanya apakah jumlah DPT dalam pelaksanaan Pemilukada 2013 akan bertambah menurutnya bisa saja. Karena melihat jumlah DPT pada saat pelaksanaan Pilpres mencapai angka 218.000, sehingga diperkirakan jumlah DPT pada Pemilukada Walikota Sukabumi 2013 nanti bisa mencapai sekitar 240.000 orang atau naik 20 persen.

Dirinya berharap agar pelaksanaan Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota 2013 mendatang bisa berjalan satu putaran sehingga bisa menghemat anggaran. Karena berdasarkan kalkulasi perhitungan jika berjalan dua putaran menghabiskan dana sekitar Rp. 19 miliar dan satu putaran Rp. 12 miliar.

“Saat ini Pemkot sudah menganggarkan Rp. 8 miliar untuk pelaksanaan Pemilukada, sisanya nanti akan ditanggulangi oleh pihak provinsi dan kita masih menunggu berapa yang akan diantu oleh propinsi,” harapnya. (Herry)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu