Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, May 14, 2012

Malik Sukabumi

66 Relawan Dilatih, Tanggap Penanggualangan Bencana


sukabumiOnlinenews; Kota Sukabumi -- Sebanyak 35 orang mengikuti pelatihan dasar evakuasi dan logistik bagi relawan penanggulangan  bencana Kota Sukabumi di Bumi Perkemahan Cikundul, Rabu (9/5) beberapa waktu lalu. Pelatihan yang digelar oleh Dinsostek PB Kota Sukabumi tersebut berlangsung dari 9-10 Mei 2012 dan dibuka langsung oleh Wakil Walikota Sukabumi H. Mulyono ditandai dengan pemukulan kentongan.

“Pelatihan ini sebagai  upaya untuk mempersiapkan tenaga relawan yang siap diterjunkan ketika terjadinya bencana,” kata Wakil Walikota Sukabumi H. Mulyono didampingi Kadisostek PB Kota Sukabumi Adang Taufik dan Kabid Penanggulangan Bencana Hendra Rusmanda.

Terkait kapan mulai dibentuknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Mulyono mengakui bahwa dari sisi kelembagaan sudah kita persiapkan yaitu pejabat eselon III dan dari sisi tenaga khususnya SDM juga kita penuhi, tinggal yang terakhir dipersiapkan dari sisi anggaran.

“BPBD sangat penting karena yang namanya bencana tidak bisa diperkirakan dan perlu adanya instansi terkait yang bisa cepat menangani bencana,” ujarnya.

Diungkapkan Mulyono, kejadian bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kota Sukabumi gempa bumi, longsor dan banjir. Dimana daerah yang rawan bencana titik-titiknya merata di 7 kecamatan se Kota Sukabumi.

Sementara itu Kadisostek PB Kota Sukabumi Adang taufik saat ditanya berapa anggaran pada bidang penanggulangan bencana mengatakan sekitar Rp. 350 juta untuk tahun 2012 ini yang berasal dari APBD Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, relawan yang mengikuti pelatihan ini seluruhnya berjumlah 66 orang yang dibagi dalam dua gelombang. Dimana materinya meliputi control navigator, kehalian memanjat, navigator darat, laut dan udara yang diarahkan langsung oleh instruktur dari Tim SAR Kota Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat.
“Berbagai elemen masyarakat mengikuti pelatihan ini dari 33 kelurahan se Kota Sukabumi,” ungkapnya. (Herry)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu