Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, April 4, 2012

Malik Sukabumi

Juara Kelurahan Terbaik Berkat Peran Aktif Masyarakat

Asep Koswara, Lurah Subang Jaya
sukabuminews, Keberhasilan Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole meraih juara I lomba kelurahan tingkat Kota Sukabumi tahun 2012, tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat termasuk lembaga masyarakat yang ada, seperti BKM, LPM dan PKK.

Menurut Lurah Subangjaya, Asep Koswara, salah satu penilaian yang paling menonjol terkait begitu besarnya peran aktif masyarakat dalam setiap program pembangunan termasuk peran berbagai pihak swasta yang peduli dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Subangjaya.

“Saat ini kita sedang mempersiapkan untuk mengikuti lomba tingkat Jawa Barat yang direncanakan bulan Juni mendatang,”katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/4).

Dijelaskannya, dalam mengikuti lomba kelurahan tingkat Jawa Barat mendatang pihaknya akan menampilkan apa yang sudah diikutsertakan dalam lomba serupa di tingkat Kota Sukabumi, dengan menampilkan kondisi riil (nyata) di lapangan. Mulai dari  sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Khusus untuk bidang pendidikan, hampir semua sarana pendidikan mulai dari tingkatan TK/PAUD, SD,SMP,SLTA dan perguruan tinggi terdapat di Kelurahan Subangjaya, bahkan semua anak-anak usia sekolah sudah bersekolah. Untuk di bidang kesehatan, saat ini sudah terdapat poliklinik kesehatan khusus bagi masyarakat yang dibangun menggunakan biaya pihak swasta. Sedangkan untuk di bidang ekonomi, seperti peternakan, perikanan dan pertanian terus dikembangkan yang hasilnya nanti bisa dirasakan oleh masyarakat dan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja.

“Khusus untuk sekolah paket akan terus kita dorong kedepannya, sedangkan di sektor pembangunan saat ini seperti pembuatan jalan tembus secara keseluruhan murni menggunakan anggaran secara swadaya masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Subangjaya, Amir Makhmud,KH menjelaskan, berbagai program terobosan terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya program Subang Jaya Peduli yang bergerak dalam bidang finansial, sosial dan ekonomi.

Lalu di bidang ekonomi saat ini sudah berjalan peternakan sapi sebanyak 60 ekor dan budidaya ikan lele yang dikelola oleh masyarakat dimana hasil produksinya diperuntukkan bagi masyarakat, bukan itu saja limbah kotoran sapi bisa dioleh menjadi pupuk dan bio gas serta susu yang basi diolah menjadi penganan kerupuk. Sedangkan disektor pertanian, saat ini Kelurahan Subangjaya menjadi sentra cabe dan sentra sayu mayur lainnya di wilayah Kota Sukabumi.

“Semua keberhasilan yang diraih Kelurahan Subangjaya tidak terlepas dari peran masyarakat dan pengusaha yang mempunyai kepedulian tinggi,” ungkapnya. (Herry)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

Loading...